PENGARUH PELAYANAN RUMAH MAKAN IKAN BAKAR TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KELURAHAN KOMO LUAR MANADO

Ulandari ., Vekie A. Rumate, Jacline I. Sumual

Abstract


Abstrak: Makanan atau pangan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang paling mendasar dan suatu kebutuhan primer manusia untuk mempertahankan hidupnya.Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia akan mencari bentuk kepuasan yang lain seperti kemudahan, rasa yang berbeda, maupun kepuasan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan rumah makan ikan bakar di Kelurahan Komo Luar Manado terhadap tingkat kepuasan konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode kuantitatif  berjenis deskriptif inferensial. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X1 (Kehandalan), X2 (Ketanggapan), X5 (Wujud Fisik) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Sedangkan variabel X3 (Jaminan) dan X4 (Empati) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Sebagai upaya meningkatkan kualitas Rumah Makan agar lebih di minati dan di sukai konsumen, perlu untuk meningkatkan ketanggapan para karyawan dan sistem yg ada dirumah makan ikan bakar serta menjaga mutu kinerjanya. Perlu adanya tambahan jaminan agar setiap konsumen yang datang bisa merasa aman dan nyaman saat berada di Rumah Makan Ikan Bakar.

Kata Kunci: pelayanan rumah makan ikan bakar, kepuasan konsuman, cita rasa, keramahan pelayanan, deskriptif inferensial.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.