PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN SERTIFIKASI PROFESI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BARISTA KEDAI KOPI MANADO

Alty Rawis, Greis M. Sendow, Mac D Walangitan

Abstract


ABSTRAK: Kinerja karyawan tidak hanya sekedar untuk dapat dilakukannya promosi atau penetapan gaji bagi perusahaan. Akan tetapi bagaimana perusahaan dapat memotivasi karyawan dan perlu juga untuk merealiasikan upaya peningkatan pembelajaran dan kinerja, maka diperlukan suatu standar kompetensi profesi khususnya bagi para training manager untuk mengelola training center dalam suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan sertifikasi profesi terhadap kinerja karyawan barista kedai kopi manado secara simultan maupun parsial. Data yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada 40 karyawan kedai kopi yang ada di kota Manado. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa motivasi kerja dan sertfikasi profesi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji hipotesis parsial menyatakan bahwa motivasi kerja dan sertifikasi profesi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Diharapkan dalam penelitian ini kedai kopi manado harus lebih mempunyai perhatian pada karyawan-karyawannya dalam hal ini yaitu barista untuk membangun semangat dalam bekerja sehingga bisa memotivasi mereka dan bisa meningkatkan kinerja.

Kata kunci : motivasi kerja, sertifikasi profesi, kinerja karyawan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.25422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.