ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN SONDER

Teshalonika Tenda, Joyce S.L.H.V. Lapian, Sjendry Loindong

Abstract


Abstrak : Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) yaitu usaha ekonomi produktif yang secara berdiri sendiri, yang dikerjakan oleh pribadi atau badan usaha yang bukan suatu anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung atau pun tidak langsung. Keputusan Membeli di pengaruhi oleh fasilitas, suasana dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi keputusan pada membeli  di usaha Mikro Kecil dan Menengah Di kecamatan Sonder yaitu: fasilitas, suasana, serta kualitas pelayanan terhadap keputusan membeli konsumen serta Secara langsung. Berdasarkan Penelitian ini menggunakan penelitian assosiatif. Model pengukuran yaitu hubungan (nilai loading) antara indikator dengan konstruk (variabel laten). Model pengukuran disebut juga sebagai Confirmatory Factor  Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 faktor baru yang terbentuk dalam menentukan keputusan membeli UMKM di Kec. Sonder. Faktor pertama komunikasi, serviscape, manfaat dan penggunaan, pelayanan prima dan jaminan. Dalam usaha mikro kecil dan menengah dan konsumen agar turut mempertimbangkan lima faktor baru yang terbentuk yang menjadi penentu Keputusan Pembelian Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Kec. Sonder. Sebaiknya Produsen harus mempetahankan budaya organisasi yang ada untuk meningkatkan Komitmen Organisasi dan produsen juga harus meningkatkan kualitas kehidupan kerja karyawan agar komitmen organisasi dapat meningkat.

 

Kata kunci: keputusan konsumen, kualitas pelayanan, suasana, fasilitas 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.25738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.