PROMOSI, DISTRIBUSI, HARGA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SURYA PROMILD
Abstract
Rokok sebenarnya dibuat hanya untuk kalangan dewasa yang memilih untuk merokok. Tetapi dalam praktiknya rokok tidak hanya digemari orang dewasa, tetapi juga oleh remaja dan anak-anak yang mulai mencoba-coba merokok. Keputusan pembelian merupakan kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi, distribusi, harga, baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian rokok Gudang Garam Surya ProMild pada PT Surya Minahasa Perkasa Manado. Jenis penelitian adalah asosiatif. Pengambilan sampel digunakan berdasarkan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling dan sampel dipilih secara sengaja. Sampel digunakan 100 responden dari populasi 1.047 konsumen. Metode analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan promosi, distribusi, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Mengingat pangsa pasar yang ada, perusahaan sebaiknya meningkatkan keputusan pembelian dengan memperhatikan dan menarik minat konsumen dalam pembelian produk melalui penerapan harga yang menarik.
kata kunci: promosi, distribusi, harga, keputusan pembelian.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.