ANALISIS FAKTOR DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DIGERAI STARBUCKS MANADO TOWN SQUARE

Fanny Nelwan, Lisbeth Mananeke, Hendra N. Tawas

Abstract


Abstrak : Melihat gaya hidup yang sedang diterapkan oleh sebagian  masyarakat saat ini boleh dibilang telah berubah, contohnya kecenderungan untuk bersantai dirumah kopi atau caffee sebagai salah satu rutinitas. Masyarakat saat ini lebih memilih untuk menghabiskan waktu lowongnya dicaffee sembari bercengkrama bersama keluarga, kerabat, teman, kekasih, rekan kerja atau kolega bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor pelayanan, faktor fasilitas, faktor harga dan faktor lokasi sebagai faktor penentu dalam melakukan keputusan pembelian digerai Starbucks Mantos. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pelanggan Starbucks Mantos. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik Aksidental Sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis faktor termasuk didalamnya uji validitas dan uji reliabilytas. Hasil penelitian menunjukan ternyata faktor- faktor yang paling doniman dalam menentukan keputusan pembelian digerai Starbucks Mantos secara berurutan adalah faktor Pelayanan, faktor Harga, faktor  Lokasi, faktor Fasilitas. Starbucks harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan karena melihat dari hasil penelitian pelayanan merupakan faktor yang paling dominan dalam menentukan keputusan pembelian.

 

Kata kunci : pelayanan, harga, lokasi,  fasilitas,  keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.