ANALISIS PERAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. MITRA KENCANA DISTRIBUSINDO MANADO

Angel G. Makalew, Arrazi Hasan Jan, Merlin M. Karuntu

Abstract


Abstrak: Keunggulan bersaing merupakan nilai tersendiri yang diciptakan perusahaan itu sendiri bagi para konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran supply chain management terhadap keunggulan bersaing PT Mitra Kencana Distribusindo Manado. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu penetapan sampel yang dinilai sesuai dengan tujuan penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian uji parsial menunjukkan bahwa strategic supplier partnership dan customer relationship berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan level of information sharing dan quality of information sharing tidak berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Uji simultan menunjukkan bahwa strategic supplier partnership, customer relationship, level of information sharing dan quality of information sharing secara bersama-sama berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Disarankan untuk perusahaan agar lebih meningkatkan pertukaran informasi yang ada sehingga kelancaran dalam beroperasi semakin meningkat dan dapat mempertahankan hubungan baik dengan pemasok dan konsumen sehingga perusahaan bisa membangun kerjasama yang lebih lama dan unggul dalam persaingan bisnis yang ada.

Kata kunci: keunggulan bersaing, supply chain management, strategic supplier partnership, customer relationship, level of information sharing, quality of information sharing


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.