PENGARUH PROMOTION MIX TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA KUPA-KUPA BEACH KABUPATEN HALMAHERA UTARA
Abstract
Abstrak: Semakin pesatnya perkembangan dan persaingan dalam dunia pariwisata, menuntut adanya berbagai promosi dalam memasarkan produk. Objek wisata pariwisata pada saat ini sangat banyak pengunjungnya terutama dalam hari-hari libur. Pemerintah harus mampu memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya agar terus bersaing sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promotion mix terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Kupa-Kupa beach Kabupaten Halmahera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas berpengaruh secara simultan terhdap keputusan berkunjung. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukan secara parsial periklanan dan personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Hasil penelitian menunjukan juga secara parsial promosi penjualan dan publisitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung pada objek wisata Kupa-Kupa Beach. Sebaiknya Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera utara harus lebih memperhatikan variabel-variabel yang berpengaruh agar lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada objek wisata Kupa-Kupa Beach .
Kata Kunci: promotion mix, keputusan berkunjung
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.