BAURAN PENJUALAN ECERAN (RETAILING MIX) PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI JUMBO SWALAYAN MANADO

Richard R. Rumagit

Abstract


Bauran penjualan ritel sudah dikenal masyarakat baik para peritel maupun oleh konsumen yang merasakan manfaatnya saat berbelanja. Para peritel menerapkan bauran pemasaran sebagai salah satu strategi untuk pemasaran produk, sebagai alat yang digunakan untuk upaya menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel retailing mix seperti: produk, harga, promosi, layanan, desain, lokasi dan suasana toko, pengaruhnya baik secara bersama maupun parsial terhadap keputusan pembelian konsumen yang berbelanja di Jumbo Swalayan Manado. Metode penelitian adalah asosiatif, dan tehnik pengambilan data menggunakan survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh seluruh konsumen yang berbelanja di Jumbo Swalayan, sebanyak 1500 konsumen/hari. Sampel yang digunakan 100 Responden. Hasil penelitian menunjukkan variabel retailing mix seperti: produk, harga, promosi, pelayanan, desain, lokasi, dan suasana toko berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial produk, harga, promosi, pelayanan, desain, lokasi, dan suasana toko berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sebaiknya manajemen Jumbo Swalayan, menerapkan harga yang bersaing, karena bagi konsumen, harga yang diberikan Jumbo Swalayan relatif lebih mahal dibanding harga dari supermarket lain yang menjadi pesaing, demikian juga dengan ketersediaan, kelengkapan dan kualitas produk masih harus diperhatikan untuk ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Jumbo Swalayan.

Kata kunci: swalayan, retailing mix, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2012.2648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.