RELATIONSHIP MARKETING PENGARUHNYA TERHADAP CUSTOMER LOYALTY PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT PRISMA DANA MANADO
Abstract
Basis dari Hubungan Pemasaran adalah loyalitas pelanggan karena mempertahankan pelanggan seumur hidup akan meningkatkan profitabilitas bagi perusahaan. Hubungan Pemasaran adalah pemasaran yang dilihat sebagai hubungan, jaringan, dan interaksi. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Prisma Dana yang beralamat di Manado. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari memahami harapan pelanggan, kerjasama dengan pelanggan, manajemen mutu, dan pemberdayaan karyawan. Sampel berjumlah 100 orang dengan metode Convenience Sampling. Penelitian menggunakan Metode Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil uji F dan uji t menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan. Variabel Relationship Marketing baik secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci: hubungan pemasaran, loyalitas pelanggan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2012.2653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.