ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PRODUK SEPEDA MOTOR KAWASAKI DI KOTA MANADO

Henro Suryano Rompas

Abstract


Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang digunakan oleh individu dan kelompok mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pembuatan dan pertukaran produk dan nilai dengan pihak lain. Segmen pasar adalah sub kelompok orang atau organisasi yang memiliki satu atau lebih karakteristik yang sama, yang menyebabkan mereka memiliki kebutuhan akan produk yang sama. Kualitas produk adalah keseluruhan corak dan karakteristik barang yang ditawarkan kepada pada para pelanggan dalam memenuhi keinginan ataupun kebutuhan para pelanggan. Posisi produk merupakan strategi yang dirancang untuk mengkomunikasikan manfaat produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh segmen pasar, kualitas produk, dan posisi produk terhadap keberhasilan produk pada Dealer Kawasaki Bahu Manado. Populasi dalam penelitian ini pengguna Kawasaki sebanyak 539 konsumen, dan sampel yang diambil sebanyak 85 responden. Analisis metode yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmen pasar, kualitas produk, dan posisi produk secara simultan dan parsial memiliki pengaruh terhadap keberhasilan produk Dealer Kawasaki Bahu Manado. Hal ini dapat dilihat dari besarnya segmen pasar terhadap produk Kawasaki yang memiliki keunggulan dari produk otomotif lainnya, kualitas produk yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan konsumen serta posisi produk yang baik dibenak konsumen.

Kata kunci: segmen pasar, kualitas produk, posisi produk, keberhasilan produk.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.