INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA UNSRAT: STUDI FAKTOR EFIKASI DIRI, DUKUNGAN PENDIDIKAN DAN DUKUNGAN RELASIONAL

Christy N. Masikome, Bernhard Tewal, Yantje Uhing

Abstract


Intensi Kewirausahaan atau niat berwirausaha merupakan kesungguhan seseorang untuk melakukan kegiatan usaha. Niat seseorang berwirausaha yang semakin besar akan semakin baik dalam memulai usahanya. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi intensi kewirausahaan, diantaranya efikasi diri, dukungan pendidikan, dan dukungan relasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, dukungan pendidikan, dan dukungan relasional terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa UNSRAT. Pendekatan dalam penelitian ini adalah adalah metode kuantitatif-asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan observasi. Pengukuran variabel menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini adalah 125 mahasiswa UNSRAT. Metode analisis data menggunakan teknik statistik seperti uji validitas dan uji reliabilitas untuk kuesioner, analisis regresi berganda dengan uji asumsi klasik untuk kelayakan model; uji-F dan uji-t untuk pembuktian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan efikasi diri, dukungan pendidikan dan dukungan relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Selanjutnya, secara parsial efikasi diri dan dukungan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Sedangkan dukungan relasional berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi.

Kata kunci: efikasi diri, dukungan pendidikan, dukungan relasional, intensi kewirausahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.