KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA MOBIL NISSAN MARCH PADA PT. WAHANA WIRAWAN MANADO

Priscilia D. Rondonuwu

Abstract


Kompetisi antar perusahaan saat ini sangat ketat, sehingga manajemen perusahaan berupaya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik dengan orientasi penciptaan produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelangganya. Kualitas produk adalah faktor penentu kepuasan konsumen setelah melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Tingkat kualitas yang lebih tinggi akan menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan meningkatkan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pengguna mobil Nissan March pada PT. Wahana Wirawan Manado. Metode penelitian adalah asosiatif untuk melihat keterhubungan antar variabel. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen  pengguna mobil Nissan March, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa diduga variabel kualitas produk, harga dan kualitas layanan secara bersama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dapat di terima. Pihak manajemen, sebaiknya memperhatikan harga mengingat  koefisien harga dalam penelitian ini lemah.

Kata kunci: kualitas produk, harga, kualitas layanan, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.