ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI FAKULTAS X DAN FAKULTAS Y BERDASARKAN MOTIVASI KERJA
Abstract
Motivasi kerja pegawai adalah salah satu pendorong untuk Kinerja para pegawai untuk meningkatkan kinerja, karena dengan motivasi kerja dapat menentukan kompetensi dalam pencapaian tujuan suatu instansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan Kinerja tenaga kependidikan berdasarkan motivasi kerja pada Fakultas X dan Fakultas Y Unsrat Manado. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang partisipan. Dengan demikian arti atau pengertian kualitatif tersebut adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah dimana peneliti merupakan instrument kunci Data berasal dari beberapa sumber antara lain, kepala bagian kepegawaian dan beberapa pegawai. Hasil penelitian dari tugas-tugas para pegawai di masing-masing Fakultas memiliki kesamaan tugas, dari nilai absensi para pegawai di masing-masing Fakultas terdapat ada perbedaan nilai, hasil pengujian ketiga dari sistem evaluasi terhadap Kasubag, PPABP, Jurubayar dari nilai kehadiran, menunjukan yang paling banyak memiliki jumlah kehadiran, dan hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi kerja memiliki hubungan dengan kinerja pegawai. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi kerja para pegawai. Tapi masih ada beberapa masalah yang di dapat dari hasil penelitian bahwa masih banyak pegawai yang membutuhkan pengarahan serta pelatihan kerja agar supaya mendapat pengetahuan tentang dunia kerja. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan pada Motivasi kerja pegawai di Fakultas X dan Fakultas Y berdasarkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya dan kedisiplinan kerja. Dimana Fakultas X memperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan Fakultas Y.
Kata kunci: kinerja pegawai, motivasi pegawai
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.