MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN DEBITOR PADA PT. BANK SULUT CABANG CALACA MANADO

Anastasya L. Komalig

Abstract


Manajemen hubungan pelanggan sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan kinerja suatu bank, karena menjadikan bank lebih dekat dengan para nasabahnya. Salah satu pendukung untuk bisa dapat menjalin hubungan dengan pelanggan yang baik yaitu dengan melakukan pelayanan kepada nasabah. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen hubungan pelanggan dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan debitor. Populasi yang digunakan yaitu seluruh nasabah kreditur, dan sampel yang diambil 100 responden menggunakan metode purpose sampling. Analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen hubungan pelanggan dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan debitor. PT. Bank Sulut Cabang Calaca berusaha memberikan yang terbaik bagi para nasabahnya denganĀ  menjalin hubungan yang baik dengan para nasabah. Promosi perlu untuk meningkatkan citra Bank Sulut. Manajemen Bank Sulut sebaiknya fokus kepada para debitor dengan cara meningkatkan pelayanan agar kepuasan debitor dapat meningkat.

Kata kunci: manajemen hubungan pelanggan, promosi, kepuasan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.