ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PT. TROPICA COCOPRIMA

Christine Praticia Ponomban

Abstract


Tujuan perusahaan dalam menjalankan usahanya adalah untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Besar kecilnya laba yang diperoleh sering menjadi sebuah ukuran sukses tidaknya manajemen perusahaan. Manajemen dituntut untuk merencanakan laba yang maksimal di setiap tahunnya. Perencanaan laba memerlukan alat bantu berupa analisis break even point. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar break even point dan jumlah margin pengaman yang dialami dan dicapai oleh PT. Tropica Cocoprima pada tahun 2010, 2011, dan 2012. Penelitian ini menggunakan analisis data break even dan analisis marjin pengaman. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pencapaian titik impas dalam Rupiah dan dalam kuantitas di setiap tahunnya. Ini disebabkan karena adanya perbedaan besarnya biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan setiap tahun. Namun, untuk setiap tahun, dapat dilihat bahwa penjualan yang dilakukan oleh perusahaan sudah baik dan selalu berada di atas titik impas, yang berarti perusahaan mampu untuk mencapai keuntungan setiap tahunnya.

Kata kunci: break even point, laba


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.