FENOMENA KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKOPEDIA DI KOTA MANADO

Kania Puirih, Lisbeth Mananeke, Victor P. K. Lengkong

Abstract


Jual Beli Online adalah Suatu kegiatan Jual Beli dimana penjual dan pembelinya tidak harus bertemu untuk melakukan negosiasi dan transaksi dan komunikasi yang digunakan oleh penjual dan pembeli bisa melalui alat komunikasi seperti chat, telfon, sms dan sebagainya. Saat krisis pandemi, konsumen mengubah perilakunya menjadi mode bertahan hidup dan lebih konservatif. Konsumen menjadi lebih berhati-hati dan lebih ingin untuk berada di dalam rumah dari pada keluar untuk melakukan konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pembelian dan Penggunaan Media Sosial terhadap Kepuasan Konsumen, untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pembelian terhadap Kepuasan Konsumen, untuk mengetahui pengaruh Keputusan Pembelian terhadap Kepuasan Konsumen. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, media sosial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, keputusan Pembelian dan Penggunaan Media Sosial berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.

 

Kata kunci: keputusan pembelian, media social, kepuasan konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.