PENGARUH SERVICE PERFORMANCE, KEPERCAYAAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SULUTGO CABANG BEO

Vennya N. Rembet, Lisbeth Mananeke, Sjendry S. Loindong

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service performance, kepercayaan, dan lokasi terhadap kepuasan nasabah Bank SulutGo cabang Beo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di Bank SulutGo cabang Kabupaten Kepulauan Talaud dalam bentuk survey berupa penyebaran kuesioner yang telah disiapkan sebelumnya untuk melakukan penelitian. Waktu penelitian adalah 1 bulan. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank SulutGo cabang Beo. Responden yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah sebanyak 96 orang responden. Pengambilan data menggunakan convinience sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan, variabel : Service Performance (X1), Kepercayaan (X2), Lokasi (X3) berpengaruh terhadap variabel kepuasan nasabah bank di Bank SulutGo cabang Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. Secara parsial, variabel : Service Performance (X1), dan Lokasi (X3) berpengaruh terhadap  kepuasan nasabah bank di Bank SulutGo cabang Beo Kabupaten Kepulauan Talaud, sedangkan Kepercayaan (X2) tidak berpengaruh terhadap  kepuasan nasabah bank di Bank SulutGo cabang Beo Kabupaten Kepulauan Talaud.   Saran penelitian yaitu dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah perbankan di Bank SulutGo, manajemen hendaknya meningkatkan kepercayaan nasabah dan kinerja layanan atau service performance. Semakin tinggi service performance makan akan semakin baik dalam meningkatkan kepuasan nasabah dari Bank SulutGo di Beo Talaud.

 

Kata Kunci: Service Performance, Kepercayaan, Lokasi, Kepuasan Nasabah, Bank SulutGo


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.