ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA BPJS KESEHATAN MANADO

Claudia T. Taroreh, Paulus Kindangen, Jacky S.B. Sumarauw

Abstract


Abstrak: Salah satu dari indikasi dari kepuasan konsumen adalah adanya proses antrian yang sesuai dengan prosedur tetap yang menjadi aturan baku suatu lembaga/institusi tertentu. Mengantri merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan sering ditemui dalam fasilitas-fasilitas pelayanan umum. Mengantri pembuatan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan salah satu contoh dalam sistem antrian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis optimalnya system antrian  diloket Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Manado. Jenis penelitian ini adalah deskriptifdengan mengambil data kedatangan konsumen melalui pengamatan langsung pada bagian jalur antrian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Manado. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil-hasil pengamatan seperti rata-rata tingkat kedatangan orang yang akan mengantri pada BPJS Kesehatan  Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model antrian yang di terapkan olehBadan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Manado sudah tepat dan menunjukan bahwa tingkat pelayanan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Manado sudah optimal. Pihak manajemen BPJS Kesehatan Manado dapat menjadikan informasi penelitian ini sebagai masukan dalam memperbaiki dan meningkatkan sistem antrian dalam operasional teknis di lapangan.

Kata Kunci:bpjs ,sistem antrian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.