ANALISIS DAYA SAING PRODUK PADA USAHA KECIL MENENGAH THE MANGO MANADO

Bomantara M. E. Wowor, Paulus Kindangen, Jessy J. Pondaag

Abstract


Abstrak: Daya saing merupakan fakor yang memiliki peran penting dalam siklus perekonomian, khususnya dalam proses produksi barang dan jasa yang dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar. Produk atau jasa sebagai elemen kunci dari suatu aktivitas bisnis membutuhkan kemampuan untuk dapat bersaing dengan kompetitor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya saing produk The Mango pada UKM The Mango Manado. Penelitan ini menggunakan metode deskriptif yang menjelaskan dimensi daya saing produk (kualitas, biaya, harga, waktu dan fleksibilitas). Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan hasil survey. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik studi kasus dan teknik survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya saing produk The Mango dari segi kualitas produk telah mencapai tingkat optimal, ditinjau dari faktor biaya dan waktu (waktu produksi dan waktu tunggu) telah bersifat efisien. Namun, dari faktor harga dan fleksibilitas (keterjangkauan harga dan varian produk) masih memerlukan perbaikan dan pengembangan. UKM The Mango sebaiknya mengkaji ulang strategi penetapan harga dan melakukan upaya pengembangan varian produk untuk dapat meningkatkan daya saing produk The Mango.

 

Kata Kunci: daya saing, produk, the mango.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.