PENGARUH KELOMPOK ACUAN, PERSEPSI HARGA DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA CV. ANUGERAH MULIA TOMOHON

Santika D. L. Trisno, Jantje L. Sepang, Agus S. Soegoto

Abstract


Abstrak: Persaingan industri otomotif khususnya sepeda motor di Indonesia pada saat ini berjalan sangat kompetitif. Untuk dapat menjaga keberlanutan bisnis dan meningkatkan keuntungan, perusahaan diperhadapkan dengan berbagai tantangan untuk bagaimana memenangkan hati pelanggan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2321 orang, dengan menggunakan teknik non probability sampling dan formula Slovin, sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan dan secara parsial, kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui bahwa kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk memiliki pengaruh sebesar 76,9% terhadap keputusan pembelian dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. CV. Anigerah Mulia sebaiknyamelakukan kajian lebih mendalam secara komperehensif terkait kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk untuk menyesuaikan program-program pemasaran yang terintegrasi satu sama lain dan membuat sebuah cetak biru (blue print) sebagai media acuan pengambilan keputusan terkait kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: kelompok acuan, persepsi harga dan keragaman produk, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.