ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. NENGGAPRATAMA INTERNUSANTARA

Feyla N. Kesek, Harianto Sabijono, Victorina Z. Tirayoh

Abstract


Persaingan bisnis yang meningkat mengakibatkan persaingan antar perusahaan semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya agar dapat bersaing di dunia bisnis. Balanced Scorecard merupakan salah satu alat strategi untuk mengukur kinerja perusahaan baik dalam sisi keuangan maupun nonkeuangan secara menyeluruh dan berimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. Nenggapratama Internusantara apabila diukur dengan metode Balanced Scorecard. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa perspektif keuangan mengalami penurunan dari tahun ke tahun, pada perspektif pelanggan perusahaan mampu memperoleh pelanggan baru dengan kepuasan pelanggan yang mampu menangani keluhan pelanggan tetapi retensi pelanggan menunjukkan perusahaan belum bisa mempertahankan pelanggannya. Perspektif proses bisnis internal sudah berjalan dengan baik dan sangat efisien serta efektif sehingga perusahaan berhasil dalam melakukan kegiatan layanan purna jual untuk internal perusahaan maupun kebutuhan pelayanan customer. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, dilihat dari retensi karyawan, PT. Nenggapratama Internusantara bisa mempertahankan karyawannya tetapi pelatihan karyawan dinilai masih kurang sehingga mengakibatkan produktivitas karyawan belum maksimal. Kinerja PT. Nenggapratama Internusantara sangat perspektif dalam proses bisnis internal.

Kata kunci: kinerja, balanced scorecard, perspektif.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.31484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.