ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI PROMOSI, KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA KARTU TELKOMSEL DAN TRI DI KECAMATAN MOTOLING TIMUR

Yosua H. Kussoy, Bode Lumanaw, Michael Ch. Raintung

Abstract


Persaingan alat komunikasi telepon genggam saat ini telah mengalami peningkatan yang sangat tajam. Ada beberapa perusahaan operator telepon genggam yang menawarkan banyak pelayanan dalam rangka menarik minatmasyarakat pengguna telepon genggam atau handphone. Fenomena yang munculdari persaingan tersebut adalah adanya komunitas-komunitas tertentu yang membentuk perilaku masyarakat dalam penggunaan kartu telepon.  Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Strategi Promosi, kualitas layanan dan kepuasan langganan Pada Pengguna Kartu Telkomsel Dan Tri Di Kecamatan Motoling Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kusioner penelitian dan teknik analisis data menggunakan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan signifikan strategi promosi Telkomsel dan Tri, (2) Terdapat perbedaan signifikan kualitas layanan Telkomsel dan Tri dan (3) Terdapat perbedaan signifikan kepuasan langganan Telkomsel dan Tri

 

Kata Kunci: strategi promosi, kualitas layanan, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.