EVALUASI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJERIAL PADA PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN MANADO SELATAN

Miranda A. Talibonso, Herman Karamoy, Stanly W. W. Alexander

Abstract


Total Quality Management merupakan salah satu pendekatan dalam meningkatkan kinerja secara terus-menerus pada setiap level operasional perusahaan. Konsep TQM yang melakukan perbaikan secara terus menerus dapat memberikan pengaruh yang baik bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan unsur-unsur total quality management pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Manado Selatan dalam upaya meningkatkan kinerja manajerial. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa  adanya satu unsur yaitu kerja sama tim yang belum sesuai, sedangkan untuk unsur- unsur seperti fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendekatan ilmiah, komitmen jangka panjang, perbaikan sistem secara berkesinambungan,pendidikan dan pelatihan, kebebasan yang terkendali, kesatuan tujuan, dan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan menunjukan telah sesuai dengan unsur-unsur dalam TQM.

 

Kata Kunci: Total Quality Management, Evaluasi, Kinerja Manajerial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.