ANALISIS PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN MANADO SELATAN

Talita L. Kaunang, Jantje J. Tinangon, Victorina Victorina Z. Tirayoh

Abstract


Sistem Pengendalian Manajemen merupakan sistem yang diperlukan untuk mengontrol serta mempengaruhi sumber daya yang ada dalam organisasi agar pencapaian tujuan organisasi dapat berjalan dengan efektif. Penelitian ini menjadikan PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Manado Selatan sebagai objek penelitian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proses sistem pengendalian manajemen yang diterapkan pada PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Manado Selatan dapat membantu upaya peningkatan kinerja perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode analisis dilakukan dengan cara membandingkan antara data dan teori dari Sistem Pengendalian Manajemen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa proses tahapan perencanaan strategis belum dilakukan secara optimal namun secara keseluruhan sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Manado Selatan dapat membantu peningkatan kinerja perusahaan. Sistem pengendalian manajemen yang diterapkan didalam perusahaan sesuai dengan teori yang ada dan realisasinya menunjukkan hasil yang baik.

 

Kata kunci: Sistem Pengendalian Manajemen, Proses Sistem Pengendalian Manajemen, Kinerja Perusahaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i1.32858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.