PENGARUH SELF-LEADERSHIP, TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN TRANSACTIONAL LEADERSHIP TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMP ADVENT 4 PAAL 2 KOTA MANADO
Abstract
Guru merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Semua komponen lain, mulai dari kurikulum, sarana-prasarana, biaya dan sebagainya tidak akan banyak berarti apabila esensi pembelajaran yaitu interaksi guru dengan peserta didik tidak berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah self-leadership, transformational leadership dan transactional leadership berpengaruh terhadap kinerja guru – guru di SMP Advent Paal 2 Kota Manado. Pengumpulan data diambil dengan membagikan kuesioner. Populasi yang ada sebanyak 37 orang dan diambil sebanyak 37 orang. Hasil penelitian menunjukan self-leadership berpengaruh terhadap kinerja guru, transformational leadership tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, transactional leadership berpengaruh terhadap kinerja guru. Untuk meningkatkan kinerja guru sebaiknya SMP Advent 4 Paal 2 Kota Manado memperhatikan self-leadership dan transactional leadership.
Kata Kunci : self-leadership, transformational leadership, transactional leadership, kinerja guru
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.9.2.2021.33656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.