PENGARUH SELF-LEADERSHIP, TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP DAN TRANSACTIONAL LEADERSHIP TERHADAP KINERJA GURU-GURU DI SMP ADVENT 4 PAAL 2 KOTA MANADO

Jerry Tandy, Olivia S. Nelwan, Victor P. K. Lengkong

Abstract


Guru merupakan salah satu elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Semua komponen lain, mulai dari kurikulum, sarana-prasarana, biaya dan sebagainya tidak akan banyak berarti apabila esensi pembelajaran yaitu interaksi guru dengan peserta didik tidak berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah self-leadership, transformational leadership dan transactional leadership berpengaruh terhadap kinerja guru – guru di SMP Advent Paal 2 Kota Manado. Pengumpulan data diambil dengan membagikan kuesioner. Populasi yang ada sebanyak 37 orang dan diambil sebanyak 37 orang. Hasil penelitian menunjukan self-leadership berpengaruh terhadap kinerja guru, transformational leadership tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, transactional leadership berpengaruh terhadap kinerja guru. Untuk meningkatkan kinerja guru sebaiknya SMP Advent 4 Paal 2 Kota Manado memperhatikan self-leadership dan transactional leadership.

 

Kata Kunci : self-leadership, transformational leadership, transactional leadership, kinerja guru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.9.2.2021.33656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.