TOTAL QUALITY MANAGEMENT, BUDAYA ORGANISASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PT. PLN AREA SULUTTENGGO MANADO

Jevon Dauhan

Abstract


Kesuksesan suatu perusahaan dalam menerapkan konsepTotal Quality Management(TQM) berkaitan erat dengan budaya organisasi perusahaan, dimana budaya organisasi berperan untuk menentukan arah organisasi, apa yang boleh dan  tidak boleh dilakukan dan sejak awal tahun 1980’an, TQM telah mendapat perhatian yang besar dari para manajer, karena diduga TQM beperan meningkatkan kinerja perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh TQM, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Manajerial, pada  PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo yang berlokasi di Manado, Sulawesi Utara. Metode penelitian adalah asosiatif, dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda.Data diperoleh dengan memberikan kuesioner terhadap 30 manajer yang terdiri dari 10 manajer dan 20 deputi manajer. Hasil penelitian menunjukkan bahwaTQM dan Budaya Organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja manajerial pada PT. PLN (Persero). Hasil temuan ini menunjukkan bahwa penerapan TQM di PT. PLN sudah berjalan baik, dan Budaya Organisasi yang ada selama ini sudah kondusif dalam upaya untuk meningkatkan kinerja di perusahaan.

 

Kata kunci: total quality management, budaya organisasi, kinerja manajerial.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.