DESAIN MODEL BISNIS TRANSJAKARTA MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Larry Lumangkun, James D. D. Massie, Yunita Mandagie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model bisnis yang diimplementasikan Transjakarta yang dioperasionalkan PT. Transportasi Jakarta dengan menggunakan Business Model Canvas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini ada kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang ada dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Transjakarta menerapkan strategi pada model bisnisnya dengan mengimplementasikan Business Model Canvas yang pusat inovasinya terpacu oleh Value Proposition yang tawarkan kepada pelanggan, namun masih terdapat beberapa kekurangan dalam operasional Transjakarta. PT. Transportasi Jakarta perlu menambah, memperbaharui, dan mengganti beberapa fasilitas serta melakukan ekspansi rute dan menambah jumlah kerja sama dengan perusahaan transportasi lainnya dan juga penyedia digital payment dan e-commerce.

 

Kata Kunci : business model canvas.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.