PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI DI E-COMMERCE SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO)

Susilawati Sumaa, Agus Supandi Soegoto, Reitty L. Samadi

Abstract


Shopee merupakan situs e-Commerce yang terbesar, terlengkap dan termurah di Indonesia serta melayani jual beli antara penjual dan pembeli secara online melalui aplikasi mobile. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan iklan di media sosial terhadap minat beli konsumen di e-Commerce Shopee. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif asosiatif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. sampel yang digunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian uji t atau parsial menunjukkan bahwa kualitas produk dan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Harga berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat beli. Secara simultan kualitas produk, harga dan iklan berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli di e-Commerce Shopee (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT). e-Commerce Shopee, sebaiknya selalu menciptakan inovasi baru dan mempertahankan kualitas produk, harga dan iklan di media sosial agar dapat meningkatkan minat beli konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Iklan, Minat Beli


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.