IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) LAYANAN PADA PT. TASPEN (PESERO) CABANG MANADO

Anjas Rovian Muhaling, Indrie D. Palandeng, Jacky S. B. Sumarauw

Abstract


PT. Taspen (Persero) cabang Manado adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi tugas oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program asuransi sosial Pegawai Negeri Sipil (PNS). Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan prosedur yang seharusnya ada dalam sebuah perusahaan dalam membantu menjalankan aktivitas. Dengan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang efisien dan efektif mampu memudahkan kerja seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan operasional layanan pada PT. Taspen (Persero) cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang mengacu pada hasil wawancara kepada pihak-pihak yang terkait dengan aktivitas operasional layanan PT. Taspen (Persero) menunjukkan bahwa perusahaan menjalankan sejumlah rangkaian proses, yaitu mulai dari memberikan informasi kepada pensiunan, penerimaan berkas, meneliti berkas, melakukan verifikasi, melakukan otorisasi, serta melakukan rekonsiliasi. Masalah ini menyebabkan terhambatnya pembayaran sehingga tidak dapat mencapai hasil optimal sesuai dengan waktu yang diharapkan. Standar Operasional Prosedur (SOP) PT. Taspen (Persero) Cabang Manado masih belum efisien dan efektif maka direkomendasikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baru sehingga memberikan efektivitas dan efisiensi kerja sehingga terciptanya aktivitas pelayanan yang maksimal.

 

Kata kunci: Implementasi, Standar Operasional Prosedur, Aktivitas Operasional Layanan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.