ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DI RUMAH SAKIT BUDI MULIA BITUNG

Helena Bakobat, Magdalena Wulur, Jacky S. B. Sumarauw

Abstract


Peningkatan kebutuhan masyarakat atas pelayanan kesehatan dari tahun ke tahun semakin meningkat, kebutuhan masyarakat tersebut dipengaruhi oleh mutu pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit sebagai penyedia dan pemberi layanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Manajemen Mutu Terpadu di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode statistical processing control (SPC). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Manajemen Mutu Terpadu di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung telah dilaksanakan dengan baik berdasarkan standar prosedur pelayanan sebagai dokumen mutu Rumah Sakit yang terakreditasi. Pengukuran mutu pelayanan di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung berdasarkan prinsip-prinsip Manajemen Mutu Terpadu yaitu kepuasan pada pasien, kepemimpinan, keterlibatan semua pegawai, pendekatan proses dan pengambilan keputusan berdasarkan bukti. Sebaiknya semua pihak yang terlibat dalam proses operasional Rumah Sakit diharapkan mampu meningkatkan dan mengedepankan mutu pelayanan dalam memberikan kepuasan kepada setiap pasien yang datang berkunjung di Rumah Sakit Budi Mulia Bitung.

 

Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.