ANALISIS STRATEGI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT. ISTANA BERKAT GEMILANG

Feminin Panaha, Christoffel Kojo

Abstract


Keberhasilan pemasaran barang atau jasa suatu perusahaan tidak terlepas dari pemahaman perilaku konsumen dalam melakukan proses pembelian, mengingat perubahan konsep dasar pemasaran guna mencapai tujuan akhir perusahaan yaitu memberikan kepuasan kepada konsumen dan kesejahteraan masyarakat jangka panjang. Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah untuk menguji pengaruh faktor Strategi Penjualan secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen, untuk menguji faktor Kualitas Pelayanan secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Istana Berkat Gemilang, untuk menguji pengaruh dari semua faktor Strategi Penjualan dan Kualitas Pelayanan secara Bersama terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Deskriptif, Pengambilan sampel dengan Teknik Probability Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Pada Penelitian ini menggunakan metode analisis uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan hasil angket variable Strategi Penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Sesuai dengan perhitungan dari hasil angket yang diberikan kepada beberapa konsumen PT. Istana Berkat Gemilang terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Istana Berkat Gemilang menunjukkan hasil yang signifikan. Ada pengaruh signifikan antara Strategi Penjualan, Kualitas Pelayanan, terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Istana Berkat Gemilang, variabel Strategi Penjualan merupakan variabel yang pengaruh lebih besar dibandingkan variabel Kualitas Pelayanan.

 

Kata kunci: strategi penjualan, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.