STUDI KUALITATIF MENGENAI MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI PADA MERCHANT BRILink Di SEA RAYA

Syaloom F. W. Wollah, Rita N. Taroreh, Imelda W. J. Ogi

Abstract


Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank terbesar di Indonesia memiliki customer based hingga keseluruh negeri. Agen BRILink merupakan layanan agen LAKU PANDAI milik Bank BRI. Agen BRILink memberikan berbagai layanan perbankan bagi masyarakat, baik nasabah BRI mapun non-nasabah BRI melalui pemanfaatan teknologi digital. Dengan tujuan utama dari adalah memberikan pelayanan perbankan kepada masyarakat yang belum terlayani oleh bank secara administratif (unbanked atau unbankable). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Model Penerimaan Teknologi pada Merchant BRILink di Sea Raya”. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Penerimaan Teknologi pada Merchant BRILink di Sea Raya telah sesuai dan para merchant mampu menerima teknologi tersebut dengan baik. Mengenai persepsi kemudahan penggunaan, semua merchant BRILink di Sea Raya mendapati penggunaan yang adalah sangat mudah. Mengenai persepsi kegunaan, merchant BRILink di Sea Raya mendapati kegunaan yang sesuai yakni memberikan akses layanan finansial terhadap masyarakat sekitar. Mengenai persepsi resiko, semua merchant BRILink di Sea Raya mendapati resiko paling utama yakni gangguan layanan secara tiba-tiba yang menimbulkan komplain dari para pelanggan mereka.

 

Kata Kunci:  model penerimaan teknologi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.