ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI RESTORAN CEPAT SAJI RICHEESE FACTORY BAHU MALL MANADO

Birky Y. Kumesan, Rudy S. Wenas, Jane G. Poluan

Abstract


Di era globalisasi dan modern sekarang ini, persaingan akan bisnis kuliner merupakan hal yang sangat krusial. Meskipun keadaan saat ini tidak begitu baik akibat pandemi Covid-19, tetapi kunjungan ke restoran di Indonesia perlahan-lahan mengalami peningkatan yang tinggi. Selama pandemi berlangsung, tidak menutup kemungkinan bahwa tetap terjadi persaingan antara satu perusahaan dan perusahaan lain. Oleh sebab itu, karena daya saing yang begitu besar membuat perusahaan untuk lebih meningkatkan strategi pemasaran untuk memasarkan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Diferensiasi Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Niat Beli Konsumen di Restoran Cepat Saji Richeese Factory Bahu Mall Manado secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif dan teknik analisis regresi linier berganda, dimana jumlah sampel sebanyak 100 responden dihitung menggunakan rumus Slovin. Dari hasil uji secara simultan, diperoleh Diferensiasi Produk, Persepsi Harga dan Promosi berpengaruh terhadap Niat Beli Konsumen di Restoran Cepat Saji Richeese Factory Bahu Mall Manado, serta uji secara parsial diperoleh Diferensiasi Produk berpengaruh secara signifikan atau ke arah positif terhadap Niat Beli Konsumen, sedangkan untuk Persepsi Harga dan Promosi secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan atau ke arah negatif terhadap Niat Beli Konsumen di Restoran Cepat Saji Richeese Factory Bahu Mall Manado.

 

Kata Kunci: diferensiasi produk, persepsi harga, promosi, niat beli konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.