PENGARUH E-WOM, FOOD QUALITY DAN SERVICESCAPE TERHADAP NIAT BERKUNJING DI PONDOK HIJAU RESTAURANT MANADO

Sagita E. N Arifin, Bode Lumanauw, Jane G. Poluan

Abstract


Pada awalnya makanan hanya menjadi salah satu pelengkap kegiatan wisata. Namun kemudian berkembang menjadai salah satu bentuk wisata khusus yang disebut dengan istilah wisata kuliner mengingat makanan juga diakui sebagai ekspresif identitas dan budaya. Ada beberapa bentuk/varian wisata kuliner yaitu Rural/urban tourism yaitu kegiatan berkunjung di restoran/tempat makan saat berwisata, festival makanan lokal karena berbeda, sebagai wujud adanya kebutuhan makan minum selama berwisata. Trend berwisata berkembang seiring semakin banyaknya informasi yang ditawarkan destinasi wisata serta promosi dari biro travel dengan paket wisata yang menarik. Di tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh E-WOM, Food Quality dan Servicescape Terhadap Niat Berkunjung di Pondok Hijau Restaurant Manado. Penelitian ini merupakan kuantitatif khususnya penelitian di bidang manajemen pemasaran dengan melakukan survei data berupa data primer. Pengembilan data dikarenakan dalam situasi pandemi Covid-19 dilakukan secara daring menggunakan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pondok Hijau Restaurant Manado. Pengambilan sampel secara purposif sampling dengan kriteria pernah berkunjung, pernah makan di Pondok Hijau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth (E-WOM), food quality, dan servicescape secara simultan dan secara parsial berpengaruh positif terhadap niat berkunjung konsumen ke Pondok Hijau Restaurant Manado.

 

Kata Kunci: electronic word of mouth, food quality, servicescape


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.