ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI RESTORAN CEPAT SAJI KFC BAHU MANADO PADA MASA COVID-19

Candra Salea, Joyce S. L. H. V. Lapian, Maria V. J. Tielung

Abstract


Pembelian produk yang meningkat merupakan salah satu bentuk keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Keputusan pembelian adalah proses keputusan dimana pelanggan benar-benar memutuskan untuk membeli dan menikmati barang atau jasa diantara berbagai macam pilihan alternatif. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Restoran Cepat Saji KFC Bahu Manado Pada Masa Covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli produk KFC Bahu Kota Manado yang berjumlah 4.560 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 98 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa Persepsi Harga dan Promosi secara Simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Cepat Saji KFC Bahu Kota Manado pada masa Covid-19, kemudian persepsi harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan utnuk Promosi secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Saran yang dapat diberikan adalah KFC Bahu Manado sebaiknya semakin memperhatikan keterjangkauan harga dan promosi karena tidak signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, maka promosi yang dijalankan sebaiknya lebih memperbanyak promosi agar keputusan dalam membeli terus meningkat.

 

Kata Kunci: persepsi harga, promosi, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.