ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PELANGGAN PADA HOTEL ARYADUTA MANADO DAN HOTEL SINTESA PENINSULA MANADO

Evan E. Sahabat, Lisbeth Mananeke, Mac Donald B. Walangitan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kepuasan pelanggan antara Hotel Aryaduta Manado dan Hotel Sintesa Peninsula Manado. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang di teliti. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung/pelanggan pada Hotel Aryaduta Manado dengan 704 orang dan pengunjung/pelanggan pada Hotel Sintesa Peninsula Manado dengan 486 orang. Besarnya sampel pada Hotel Aryaduta Manado adalah 88 responden. Besarnya sampel pada Hotel Sintesa Peninsula Manado adalah 83 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner yang dibagikan kepada responden. Untuk melihat ada-tidaknya perbedaan, dilakukan uji perbedaan dua rata- rata. Independent-samples t-test menggunakan variansi antara dua sampel yang dibandingkan tidak berbeda secara signifikan (homogen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan kepuasan pelanggan Hotel Aryaduta Manado dan Hotel Sintesa Peninsula Manado, dan kepuasan Pelanggan Hotel Aryaduta Manado dan Hotel Sintesa Peninsula Manado sama baikknya. Diharapkan bahwa penting bagi pihak Hotel Aryaduta Manado dan Hotel Sintesa Peninsula Manado agar memperhatikan Kepuasan Pelanggan Hotel, dan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah ruang lingkup penelitian dengan objek yang lebih besar lagi.

 

Kata kunci: perhotelan, kepuasan pelanggan, manajemen pemasaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.