ANALISIS TOWS TERHADAP PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DI CAFE TIME420S KECAMATAN LANGOWAN UTARA

Bernando Delano, Willem J. F. A. Tumbuan, Yunita Mandagie

Abstract


Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk enentukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan di Cafe Time420s melalui analisis TOWS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cafe Time420s berada pada posisi strategi usaha tumbuh dan membangun. Hal ini berdasarkan dari hasil Matrix Internal Eksternal (IE) karena Cafe 420times berada pada sel V, Cafe Time420s cukup baik dalam memanfaatkan peluang yang ada juga menghindari ancaman. Jadi Cafe Time420s berada pada posisi usaha yang cukup kuat. Masalah eksternal utama Cafe Time420s adalah total omset tahunan mengalami penurunan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 sehingga berdampak pada berkurangnya pendapatan cafe. Masalah internal utama Cafe Time420s adalah kurangnya lahan parkir sehingga dapat membuat para pelanggan yang berkunjung  khawatir dengan kendaraannya.

 

Kata kunci: TOWS, strategi pemasaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.