PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT, BRAND AWARENESS DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING KOTA MANADO

Zulkifli Duwila, Agus Supandi, Imelda Ogi

Abstract


Peningkatan pembelian produk oleh konsumen merupakan salah satu bentuk keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Celebrity Endorsment,  Brand Awareness  Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado. Keputusan pembelian adalah proses keputusan dimana pelanggan benar-benar memutuskan untuk membeli dan menikmati barang atau jasa diantara berbagai macam pilihan alternatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli produk scarlett whitening di Kota Manado yang berjumlah 1500 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 94 orang responden.  Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan celebrity endorsment secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Lifestyle berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian serta berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa celebrity endorsment, brand awareness dan lifestyle secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado. Saran yang dapat diberikan adalah scarlett whitening sebaiknya semakin memperhatikan faktor celebrity endorsement, brand awareness dan lifestyle karena sangat signifikan mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci:  Celebrity endorsment, brand awareness, lifestyle, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.