PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PRODUK LOGAM MULIA PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG MANADO UTARA

Sheilli S. Sunda, Rudi S. Wenas, Jane G. Poluan

Abstract


Salah satu strategi perusahaan untuk meningkatkan keunggulan dalam persaingan adalah memprioritaskan loyalitas pelanggan atau nasabah. Saat ini, konsumen sangat sadar akan keberadaan merek karena merek merupakan salah satu acuan citra diri bagi para pelanggan atau nasabah. Sikap dan tindakan pelanggan atau nasabah terhadap suatu merek sangat ditentukan oleh citra merek. Untuk menciptakan loyalitas pelanggan atau nasabah perusahaan menetapkan harga. Harga yang sesuai dengan produknya, akan menimbulkan minat beli bagi pelanggan atau nasabah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas nasabah produk logam mulia pada PT. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah loyal pada PT. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara, yang berjumlah 576 orang. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 85 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan harga berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah. Citra merek dan harga secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan loyalitas nasabah produk logam mulia pada PT. Pegadaian (Persero) cabang Manado Utara.

 

Kata Kunci: Citra merek, harga, loyalitas nasabah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.