KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA PT. BTN (PERSERO) TBK. CABANG MANADO

Boby T. Warouw, Lotje Kawet

Abstract


Pengetahuan penting bagi organisasi, sehingga perolehan dan pemanfaatannya perlu dikelola dengan baik dalam konteks bagi peningkatan kinerja organisasi. Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui pengaruh knowledge Management terhadap kinerja Operasional PT. BTN (Persero) Tbk. Cabang Manado. Metode penelitian asosiatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah seluruh Pegawai Bank BTN Cabang Manado. Sampel adalah pegawai pada level operasional yang telah bekerja minimal 1 tahun, dan berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel Judgement Sampling. Hasil analisis menunjukan Knowledge Management yaitu teknologi, job procedure, personal knowledge berpengaruh signifikan terhadap kinerja operasional, penunjang Teknologi dengan adanya sarana dan prasarana komputer serta internet. job procedure dapat ditingkatkan dengan Pelatihan, Pelaksanaan  prosedur kerja, personal knowledge didorong dari adanya ide, community dan networks terhadap kinerja operasional, manajemen Bank BTN Cabang Manado, sebaiknya berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana Teknologi seperti perangkat komputer dan jaringan internet sehingga dapat meningkatkan kinerja operasional.

Kata kunci: knowledge management, kinerja operasional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.3810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.