PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA MANADO

Jilhansyah Ani, Bode Lumanauw, Je Tampenawas

Abstract


Majunya teknologi disertai dengan berkembangnya dunia bisnis saat ini, membuat aktivitas masyarakat Indonesia lebih mudah dan membawa pengaruh terhadap cara serta pola pikir masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dimanfaatkan oleh banyak perusahaan dengan membuka lahan bisnis berbasis online (E-Commerce). Salah satu e-commerce besar dan merupakan asli buatan anak bangsa di Indonesia adalah Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada E-Commerce Tokopedia di Kota Manado. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling yang berjenis purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitan ini menggunakan rumus Lameshow, hal ini dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui atau tidak terhingga, kemudian diperoleh sampel 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan citra merek, promosi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di Kota Manado. Secara parsial citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan promosi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Tokopedia harus lebih meningkatkan citra merek, promosi dan kualitas layanan agar bisa lebih mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

 

Kata Kunci: Citra merek, promosi, kualitas layanan, keputusan pembelian, e-commerce.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.