ANALISA SWITCHING BARRIERS PADA MINAT BELI KONSUMEN PRODUK WARDAH DI MANADO.

Meisdy J. E. Pantow, Lisbeth Mananeke, Debry Ch. A. Lintong

Abstract


Produk kecantikan saat ini menjadi salah satu kebutuhan terpenting bagi sebagian besar wanita di dunia khususnya di Indonesia. Keinginan untuk tampil cantik dan menarik merupakan dambaan setiap Wanita, sehinggah menimbulkan ketertarikan terhadap produk kecantikan, salah satunya adalah produk Wardah. Dengan adanya kondisi pandemi covid-19 membuat banyak Wanita ingin melakukan kegiatan produktif terlebih khusus dalam skill kecantikan. Hal ini membuat perusahaan wardah terus melakukan pemasaran dengan memanfaatkan keadaan baik karena pandemic covid-19 dan perkembangan teknologi untuk membuat pelanggan lebih tertarik terkait produk dan menjadi pilihan utama bagi Wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh faktor switching barriers yang mempengaruhi minat pembeli produk wardah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode kualitatif yang tujuannya untuk menganalisis setiap data dikumpulkan untuk menarik sebuah kesimpulan. Berdasar pada wawancara dengan 15 informan selaku pengguna produk Wardah yang dijadikan objek pada penelitian ini, ditemukan bahwa semua yang menggunakan Wardah dari yang rutin maupun hanya jadi salah satu pilihan, memiliki pandangan yang hampir semuanya serupa dan merasa produk Wardah masih memasuki salah satu pilihan yang tepat perihal produk kosmetik. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan produk Wardah berdampak positif terhadap penggunanya sehingga tercapai kepuasan pelanggan diantaranya yaitu harga yang cukup terjangkau (perspektif ekonomi), hasil penggunaan yang baik (perspektif psikologis), sharing information dari sekitar lingkungan (perspektif sosial), cocok digunakan sehari-hari (perspektif fungsional).  

Kata kunci : Switching barriers, konsumen, produk, minat beli

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.