PENGARUH FASILITAS, WORD OF MOUTH, KELOMPOK REFERENSI, GAYA HIDUP SEHAT DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT BEROLAHRAGA PADA GENERASI MILENIAL DI GPI FUTSAL DAN SPORT CENTER MANADO

Laurensia Millenia Maharani Paat, Silcyljeova Moniharapon, Mirah Rogi

Abstract


Milenial saat ini memiliki tren dan perilaku yang berbeda dengan generasi sebelumnya khususnya terkait dengan kesehatan dan olah raga. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh fasilitas, word of mouth, kelompok referensi, gaya hidup sehat, dan promosi media sosial secara simultan dan parsial terhadap keputusan pemilihan tempat berolahraga di GPI Futsal dan Sport center Manado. Variabel-variabel yang diteliti dalam penelitian ini antara lain fasilitas, word of mouth, kelompok referensi, gaya hidup sehat, promosi media sosial, serta keputusan pemilihan. Fasilitas merupakan sumber daya fisik yang ada sebelum jasa ditawarkan. Word of mouth merupakan rekomentasi yang disebarkan pelanggan berdasarkan pengalaman. Kelompok referensi merupakan individu atau kelompok rujukan bagi individu. Gaya hidup sehat adalah aktivitas kegiatan konsumsi yang mendukung kesehatan. Promosi media sosial merupakan cara perusahaan memperkenalkan produk dan jasanya melalui media sosial online. Keputusan pemilihan merupakan proses evaluasi konsumen terhadap beberapa pilihan alternatif produk atau jasa. Penelitian ini adalah kuantitatif di bidang manajemen pemasaran dengan survei data primer. Pengembilan data dilakukan secara daring dengan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen generasi milenial di GPI Futsal dan Sport center Manado. Pengambilan sampel secara purposif sampling. Menggunakan rumus Slovin sampel berjumlah 100 responden. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji instrumen penelitian, uji hipotesis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas, word of mouth, kelompok referensi, gaya hidup sehat, dan promosi media sosial secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan tempat berolah raga di GPI Futsal dan Sport center Manado. Saran penelitian yaitu sport center untuk meningkatkan keputusan memilih dari konsumen mereka perlu meningkatkan pada faktor-faktor penting yang memotivasi konsumen antara lain: promosi media sosial, kelompok referensi, gaya hidup sehat, word of mouth, serta fasilitas.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.