PENGARUH E-WOM DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KONSUMEN PADA ONAIRLOOK BARBERSHOP MANADO DI TENGAH OANDEMI COVID 19

kevin rivaldy tamunu rantung, Silvya L Mandey, Ferdy Roring

Abstract


Pandemi Covid-19 segala unsur kehidupan manusia telah dipengaruhi olehnya, termasuk juga dalam unsur bisnis barbershop. Adanya kebiasaan-kebiasaan baru dan dengan penerapan protokol-protokol kesehatan yang ada, para pelaku bisnis barbershop ditantang untuk menghadapi serta menjalani hal yang baru ini. Lewat permasalahan tersebut mungkin dapat berpengaruh pada Keputusan Berkunjung Konsumen dengan adanya E-WOM dan Kualitas Layanan pada objek penelitian. Dari hal itulah tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Berkunjung Konsumen Di-Tengah Pandemi Covid-19 pada Onairlook Barbershop Manado. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengikut Instagram Onairlook barbershop sebanyak 715 orang per maret 2021, sample yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik penyebaran kuesioner dan teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel E-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Konsumen, dan variabel  Kualitas  Layanan berpengaruh positif signifikan terhadap  Keputusan Berkunjung  Konsumen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.40291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.