PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, SALES PROMOTION DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MATAHARI DEPARTEMENT STORE MEGAMALL MANADO

Katoci Zella Sumampow, Djurwati Soepeno, Michael Ch Raintung

Abstract


Dalam kegiatan belanja suatu produk, ada kebiasaan pembelian yang dilakukan konsumen yaitu pembelian yang tidak terencana atau impulse buying yang mendominasi perilaku pembelian di usaha ritel. Konsumen yang memiliki fashion involvement yang tinggi cenderung menganggap bahwa konsumsi akan fashion berhubungan erat dengan kepercayaan diri sehingga orang tersebut seringkali dimintai pendapat mengenai fashion dalam kelompoknya. Keinginan yang timbul dari benak konsumen akan suatu produk dan jasa terus berkembang dan upaya perusahaan memenangkan peluang tersebut adalah dengan mengefektifkan strategi pemasaran. Salah satu elemen komunikasi pemasaran yang banyak digunakan adalah promosi penjualan atau sales promotion. Emosi atau perasaan yang dialami seseorang dapat membawa dampak pada keinginan yang sangat besar untuk melakukan impulse buying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fashion involvement, sales promotion, positive emotion berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap Matahari Departement Store megamall Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial dan simultan fashion involvement, sales promotion, positive emotion berpengaruh secara positif terhadap Matahari Departement Store megamall Manado.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.