EVALUASI PERBANDINGAN PENERAPAN MARKETING MIX PADA HP OPPO DAN VIVO DI IT CENTER MANADO
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan evaluasi penerapan bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) pada HP OPPO dan VIVO di IT Center Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli HP OPPO dan HP VIVO di ITC Manado. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 95 orang yang membeli HP OPPO dan 95 orang yang membeli HP VIVO di ITC Manado. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan dari variabel yang akan diuji dengan menggunakan analisis uji beda (Independent Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara produk pada HP OPPO dan HP VIVO di ITC Manado, terdapat perbedaan yang signifikan antara harga pada HP OPPO dan HP VIVO di ITC Manado, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara promosi pada HP OPPO dan HP VIVO di ITC Manado. Sedangkan tempat pada HP OPPO dan HP VIVO di ITC Manado tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: produk, harga, tempat, promosi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.