Analisis Penentuan Strategi Pemasaran Pada UMKM Ayam Presto Bu Ayu di Manado Pada Saat Pandemi Covid-19

Gilda Eveline Aletha Pattymahu

Abstract


Strategi Pemasaran adalah serangkaian tujuan dan upaya, yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Matriks EFE, Matriks IFE dan Matriks IE merupakan salah satu konsep penentuan strategi yang digunakan untuk melihat faktor eksternal perusahaan yaitu threats dan opportunity kemudian diikuti dengan faktor internal yaitu weakness dan strength. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ancaman, peluang, kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh UMKM Ayam Presto Bu Ayu dan strategi pemasaran yang diterapkan pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor matriks EFE yaitu 3,486 dan matriks IFE yaitu 3,73, hal ini menunjukkan bahwa Ayam Presto Bu Ayu berada di Kuadran I Matriks sehingga Ayam Presto Bu Ayu berada di strategi pemasaaran tumbuh dan membangun (grow and build). Ayam Presto Bu Ayu berada dalam posisi strategis yang baik dan dapat memanfaatkan peluang yang ada dan menghindari ancaman.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.