ANALISIS EFEKTIVITAS BAURAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA RELIGIUS BUKIT KASIH KANONANG KABUPATEN MINAHASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas bauran promosi terhadap tingkat kunjungan di objek wisata religius Bukit Kasih Kanonang Kabupaten Minahasa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang mengunjungi objek wisata religius Bukit Kasih yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel dalam penelitan ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan observasi. Metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan program SPSS 23 dan excel. Uji validitas dan uji reliabilitas digunakan untuk menguji keandalan kuesioner. Analisis regresi linier berganda dan Uji hipotesis digunakan untuk mengukur keefektifan bauran promosi yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran langsung, hubungan masyarakat secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan wisatawan di objek wisata religius Bukit Kasih. Selanjutnya secara parsial, periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, pemasaran langsung, hubungan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap objek wisata religius Bukit Kasih.
Kata Kunci: Efektivitas, Bauran Promosi, Tingkat Kunjungan, Objek Wisata
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.