ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK DAN PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS PRODUK SAMPINGAN PADA UD SINAR SAKTI

Evan Bawiling, Victorina Z Tirayoh

Abstract


Perusahaan manufaktur dalam prosesnya seringkali melakukan pembagian produk seperti produk utama dan produk sampingan. Produk yang memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan dan menjadi tujuan utama perusahaan merupakan produk utama, sedangkan produk yang tidak terelakkan untuk dihasilkan dan tidak menjadi tujuan utama perusahaan  merupakan produk sampingan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis harga pokok dari produk sampingan  pada UD Sinar Sakti serta bagaimana perlakuan akuntansi terhadap produk sampingan. Penelitian ini dilaksanakan pada UD Sinar Sakti yang terletak dijalan Wolter Monginsidi Malalayang Manado. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan metode akuntansi yang digunakan untuk memperlakukan produk sampingan ialah metode harga pokok, dimana metode ini  mencoba mengalokasikan sebagian biaya bersama kepada produk sampingan dan menentukan harga pokok persediaan tersebut. Dalam perhitungan harga pokok untuk masing-masing produk sampingan, digunakan taksiran nilai pasar untuk bahan baku produk sampingan yang kemudian akan mengurangi biaya produksi produk utama. Hasil analisis yang dilakukan, penulis menyarankan agar perusahaan dapat menghitung harga pokok produk sampingan, dan pencatatannya, disajikan secara rinci data taksiran biaya produksi untuk mengolah produk sampingan agar lebih mudah dan akurat dalam menghitung harga pokok untuk produk sampingan yang diproses lebih lanjut.

Kata kunci: perhitungan harga pokok, produk sampingan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.